Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Kerja Keras

1 Comment

Kemarin, Jum’at 5 Mei 2009, saya pulang kerja jam 23.00. Berarti sudah dua hari berturut-turut saya pulang kerja hanya satu jam sebelum pergantian ke hari esok. Capek sekali, tetapi tidak boleh ada kata mengeluh. Tugas dan kepercayaan harus dijalankan, sebagaimanapun beratnya.

Kalau melihat rekan-rekan kerja, seringkali saya merasa malu. Bagaimana tidak, rekan-rekan kerja saya itu umurnya sudah 40-50 tahunan, dan mereka masih selalu kelihatan semangat, dengan kondisi yang pasti sama-sama secapek saya juga pastinya. Saya ini kan baru 23 tahun. Logikanya, saya seharusnya lebih bertenaga dibandingkan mereka, dan harusnya lebih semangat juga.

Saya masih harus belajar banyak. Belajar untuk terus bekerja keras. Belajar untuk tetap bersemangat. Belajar untuk bisa seperti mereka itu. Namun, saya juga perlu belajar untuk memahami apa arti dari kerja keras ini. Seperti umumnya manusia, kadang masih juga timbul ganjalan-ganjalan dalam pikiran. Apakah tujuan saya bekerja keras? Jika saya bekerja keras tanpa tujuan, sama saja melakukan pekerjaan yang sia-sia.

Well, apa pun itu, saya harus terus mencari jawaban dari pertanyaan itu. Tapi, paling tidak ada satu pernyataan yang buat pikiran ini lebih mantap untuk melanjutkan kerja keras ini. Salah satu rekan kerja saya bilang: “tapi paling tidak, kalau kita kerja sampai malam-malam begini, kita jadi mengerti betul uang yang kita dapatkan itu benar-benar kita peroleh dari kerja kita sendiri yang dilakukan dengan yang cara benar”. Wow, love it, quotes of the day.

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

One thought on “Kerja Keras

  1. haloha saya kevin djayadiningrat. blog anda ini cukup bagus, anda sepertinya mempunyai pengalaman bersama teman-teman seperjuangan safari bla bla bla bli bli bli.
    ingat, jangan lupa membawa 4 potong kepiting.
    dadah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s