Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Warung Sate Sidareja Pak Gino

Leave a comment

Jalan Sunda No. 36, Bandung, Jawa Barat; Rp 35.000-40.000/porsi

Meskipun asli orang Jember, saya lebih pede untuk berbagi cerita kuliner di Bandung. Wajar, karena sejak tahun 2004 saya menuntut pendidikan sarjana di Kota Kembang, sampai akhirnya juga bekerja di kota yang sama. Kali ini saya akan membagi salah satu kuliner yang sudah melegenda di Kota Kembang, Sate Sidareja Pak Gino. Sejak jaman mahasiswa saya gemar sekali makan disini, oleh karena itu, begitu bulan Juni kemarin ada kesempatan, saya segera mengajak isteri untuk napak tilas di warung sate favorit ini.

Sate kambing, gulai kambing, bumbu sate kecap dan kacang.

Sate kambing, gulai kambing, bumbu sate kecap dan kacang.

Ada beberapa lokasi Warung Sate Sidareja Pak Gino, namun tentu kurang afdol kalau tidak makan di tempat aslinya di Jalan Sunda. Bagi Anda yang belum pernah kemari, lokasi cukup mudah dicapai. Susurilah Jalan Sunda yang satu arah itu, kalau sudah bertemu Yogya, berjalanlah pelan-pelan dan Anda akan bertemu rel kereta api, segera pasang lampu sein ke kanan, lokasi warung tepat berada setelah rel, sebelum pom bensin, di sisi kanan jalan. Jika Anda naik angkutan umum, angkot yang lewat depan warung adalah jurusan Kalapa-Dago (ke arah Dago), Kalapa-Ledeng (ke arah Ledeng), dan Gedebage-Stasiun (ke arah Stasiun).

Seperti pembaca dapat lihat di gambar, interior warung Pak Gino luas, dan waktu itu suasana lega karena memang sudah lewat jam makan siang. Tempat parkir berada di depan dan sisi warung, tetapi kapasitasnya tidak banyak, di jam-jam ramai, membawa mobil kurang disarankan. Pembakaran berada di luar warung, disitu daging sate diolah dan dibakar sesuai dengan pesanan. Hal ini juga membuat di dalam warung terbebas dari bau asap bakaran sate.

Selain sate kambing yang menjadi andalan, terdapat menu serba kambing yang lain, dari mulai gulai, tongseng, sampai nasi goreng kambing. Selain itu juga terdapat sate buntel dan sate sapi bagi Anda yang tidak suka kambing. Sejauh yang saya ingat, warung ini tidak menyediakan menu sate ayam. Mengingat saya suka kambing, waktu itu kami berdua kami memesan 15 tusuk sate kambing dan seporsi tongseng kambing. Sate yang kami pesan adalah sate polos, artinya hanya berisi daging. Anda bisa juga memilih sate dengan jerohan atau gajih.

Parkiran mobilnya sempit, tetapi tempat makan cukup lega.

Parkiran mobilnya sempit, tetapi tempat makan cukup lega.

Di warung Pak Gino pesanan disajikan secara bertahap. Bagian yang pertama disajikan biasanya bumbu sate. Anda akan diberikan dua macam bumbu, kacang dan kecap dan perlengkapan bumbu kecap yaitu irisan kubis, bawang merah, tomat, dan cabe rawit mentah. Perlu pembaca ketahui Sidareja adalah daerah di Jawa Tengah yang dekat dengan Kota Cilacap, dan sebagaimana umumnya sate ala Jawa Tengah, default penyajian adalah dengan bumbu kecap. Kemudian datanglah tongseng dan sate yang disajikan di atas hot plate. Sate masih polos dan kami harus meramu dan mencelupkan ke bumbunya sesuai dengan selera. Daging sate empuk, namun sayangnya waktu itu sate yang disajikan kurang panas dan gurihnya daging kambing kurang terasa, sehingga rasanya tidak jauh berbeda dengan daging sapi. Sedangkan tongsengnya sedap dengan kubis dan tomat sebagai pelengkapnya dalam kuah bersantan.

Ketika membayar, kami disodori bon sebesar Rp 74.000 untuk semua makanan tersebut sudah termasuk tambahan sebungkus kerupuk. Menurut saya harganya standar untuk tempat makan sekelas Pak Gino. Terakhir sebagai penutup, meskipun cita rasa di warung Pak Gino saya rasakan tidak sesedap dulu ketika masa kuliah, secara umum makanan disini masih recommended. Jadi, kalau Anda sedang main di Kota Kembang dan mencari tambahan asupan kalori, segeralah meluncur ke lokasi.

Bandung, 15 Juni 2013

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s