Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Sate Hadori: Mencicipi Sate Khas Bandung

Leave a comment

Belakang Stasiun Hall Bandung; Rp 25.000–30.000

Sudah sejak dari dulu saya mendengar tentang kemasyhuran Sate Hadori Bandung. Namun, sudah 10 tahun di Bandung dan saya belum pernah mencicipinya. Maka dari itu, ketika waktu itu ada kesempatan, saya dan istri langsung bertekad untuk mencicipinya.

Sate dan gulai kambing.

Sate dan gulai kambing.

Tidak mudah bagi kami untuk mencari lokasi sate ini. Kami mencari alamatnya di Google Maps dan diarahkan untuk lurus saja dari Jalan Pasir Kaliki sampai ke Jalan Gardujati. Namun, begitu parker mobil disitu kami tidak menemukan Hadori. Setelah bertanya sana-sini, akhirnya diketahuilah bahwa lokasi yang benar adalah di belakang Stasiun Hall Bandung. Paling mudah Anda lewat jalan yang menuju Pasar Baru, karena jalan disini satu arah. Masuklah ke stasiun dari bagian belakang. Sate Hadori ada di sisi kanan dari los-los penjual.

Daerah sate hadori bandung yang cukup gelap.

Daerah sate hadori bandung yang cukup gelap.

Dapat dilihat di gambar bahwa lokasi sekitar warung cukup gelap. Suasana di sekitar memang tidak bersahabat, namun tidak menyurutkan langkah kami berdua untuk masuk ke warung. Begitu masuk, ternyata tersedia cukup banyak meja. Daging kambing utuh digantung di meja penjual dan akang-akang penjual menyusun daging-daging yang sudah dipotong ke dalam tusukan sate.

Kami berdua memesan 15 tusuk sate kambing dan seporsi gulai kambing. Tidak lama kemudian pesanan datang. Sate disajikan polos dan bumbu disajikan terpisah, ada bumbu kacang dan bumbu kecap dengan irisan cabe rawit dan bawang merah. Kami segera mencicipinya. Daging sate terasa lembut. Namun bagian gajihnya terasa kurang segar. Sedangkan gulai kambing rasanya lumayan. Meskipun menurut saya rasa rempah-rempahnya kurang kuat. Waktu itu sate yang disajikan tidak begitu panas. Mungkin hal ini yang mengurangi kenikmatan makan kami berdua.

Untuk semua pesanan itu kami membayar sekitar Rp 70.000. Meskipun menurut kami rasa Sate Hadori masih kalah dibandingkan dengan sate-sate lain di Bandung, namun tidak ada salahnya sekali-sekali Anda kemari untuk menambah referensi kuliner di Kota Kembang.

Bandung, 1 Nopember 2013

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s