Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Bakso Malang Mandeep yang Mantep!

Leave a comment

Jalan Citarum No. 32, depan Pusdai, Bandung; Rp 20.000–25.000/porsi

Bakso malang Mandeep tidak memakai mie/bihun.

Bakso malang Mandeep tidak memakai mie/bihun.

Pertama kali saya makan Bakso Mandeep adalah waktu masih mahasiswa S1. Dulu saya tidak sengaja menemukan warung bakso ini. Waktu itu lokasinya masih berupa tempat kecil di dekat Masjid Istiqomah. Selang beberapa saat, lokasi berpindah ke depan Pusdai, Bandung, dan sekarang pantasnya sudah disebut sebagai restoran.

Lokasi restoran cukup gampang ditemui. Anda bisa naik angkot Cicaheum-Ledeng jurusan Cicaheum. Mintalah diturunkan di depan Masjid Pusdai, Jalan Supratman. Dari situ lihatlah ke seberang, maka Anda akan menemui ada plang besar Bakso Mandeep. Restoran cukup besar, dengan kapasitas parkir mobil dan motor yang memadai. Anda bisa pilih untuk makan di luar atau di dalam.

Tempatnya sekarang sudah bagus dan lega.

Tempatnya sekarang sudah bagus dan lega.

Selain bakso, terdapat beberapa menu lain seperti nasi goreng, capcay, dll. Namun tentu saya pilih bakso. Dapat dilihat di gambar bahwa pengunjung memilih sendiri apa isian bakso yang diingkan. Hal yang khas dari bakso malang adalah gorengannya. Maka, biasanya saya memilih bakso kasar, bakso halus, pangsit goreng, bakso (ikan) goreng, tahu, dan siomay. Saya paling suka siomay, jadi biasanya saya mengambil dua siomay. Saya juga suka tahu putih yang dikukus. Namun ketika itu item ini tidak ada, mungkin karena sudah malam.

Bakso halus dan bakso urat.

Bakso halus dan bakso urat.

Menu pilihan Anda kemudian akan disiram dengan kuah bakso. Anda tambahkan seledri dan bawang goreng sesuai selera dan selanjutnya tinggal membayar di kasir. Untuk menu tersebut, saya membayar Rp 21.000. Anda bisa tambahkan saos, kecap dan sambal di meja dan aduk-aduklah. Saya menyeruput kuahnya dan memang segar nian. Kuah menjadi elemen yang sangat penting dalam makanan bakso, dan di Mandeep Anda tidak akan kecewa.

Aneka macam gorengan.

Aneka macam gorengan.

Secara keseluruhan, salah satu jenis kuliner ini saya rekomendasikan kalau kapan-kapan Anda berkunjung ke Kota Kembang. Cukup bisa mengobati kerinduan akan cita rasa bakso malang.Oiya, seluruh kru Mandeep ini berlogat Jawa Timuran, mungkin karena itu cita rasanya memang bisa dibilang asli Kota Malang. Namun ada satu hal yang sampai sekarang saya pertanyakan, di Mandeep ini tidak disediakan mie kuning sebagaimana umumnya di bakso malang. Ah, tetapi tidak masalah, yang penting rasanya masih maknyus.

Bandung, 14 Maret 2014

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s