Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Kehamilan minggu ke-30: ngidam dan mitos selama hamil

Leave a comment

Seri Kehamilan #7

Bubur ayam buatan sendiri

Bubur ayam buatan sendiri

Salah satu repotnya kalau hamil di Belanda adalah waktu ngidam. Memang tidak bisa disalahkan kalau perempuan hamil ngidam. Menginginkan jenis makanan tertentu, yang dulunya mungkin malah tidak suka, itu normal. Penjelasan ilmiahnya bisa dicari di Google.

Masalahnya, sebagai perempuan asli Indonesia, tentu kan agak aneh kalau ngidamnya hamburger, pizza, kebab, dll. Kalau ngidamnya seperti itu sih hidup kami bakal tenang, hehe. Lha Intan ini dari kecil di Bandung. Ngidamnya tentu tidak jauh dari makanan Nusantara. Kadang ini agak bikin repot. Tidak banyak tersedia makanan Indonesia di negeri kincir angin. Kalau pun ada kemungkinan besar harus membuat sendiri.

Untungnya istri saya pengertian. Ngidamnya tidak terlalu aneh-aneh. Kalau pun ada makanan yang diinginkan, tidak sampai segitunya sampai misalnya saya harus mencari makanan itu di tengah malam. Mungkin bayi kami tahu kalau sekarang orang tuanya sedang ada di Belanda. Jadi dia sabar dan tidak menginginkan yang aneh-aneh. Semoga nanti dia beneran menjadi anak yang sabar, hehehe.

Tahu isi

Coba saya daftar beberapa makanan yang Intan inginkan selama hamil:

  1. Bala-bala. Piece of cake. Dari dulu saya sudah sering bikin. Bahannya mudah, bikinnya gampang, 30 menit beres.
  2. Tahu isi. Pertama kali bikin baru ketika Intan hamil. Mudah, tapi prosesnya panjang, butuh waktu 1,5 jam untuk seorang newbie seperti saya.
  3. Sate padang. Too much effort kalau bikin sendiri. Akhirnya beli di Salero Minang, Den Haag. Sekalian waktu perjalanan liburan ke Italia.
  4. Lontong kari. Istri saya bikin sendiri dari scratch. Enak loh.
  5. Bubur ayam. Istri saya bikin sendiri. Katanya cukup mudah bikinnya. Enak bubur buatannya.
  6. Surabi oncom, orang Bandung pasti tahu jajanan ini. Nah, ini yang belum kesampaian. Oncom juga dapatnya dari mana, hehehe. Maaf ya istri dan anakku, untuk yang ini belum bisa, hehe.

 

Berikutnya yang hendak saya bahas adalah soal mitos. Banyak sekali pamali bagi perempuan hamil. Untungnya istri saya orang Sunda, dimana mitos-mitosnya tidak sebanyak di lingkungan keluarga Jawa. Mitos-mitos tersebut kebanyakan tidak masuk akal. Misal jangan potong rambut nanti bayinya sulit keluar atau rejekinya terputus. Atau jangan makan ceker ayam nanti bayinya kakinya berbentuk seperti ceker ayam.

Lontong kari

Lontong kari

Saya bilang ke istri. Saya pun orang Jawa tulen. Tetapi sebagai seorang Muslim, yang wajib kita percayai adalah panduan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Selama tidak bertentangan dengan keduanya, maka tidak masalah. Laa hawla wa laa quwwata illa Billaah. Kalau dibilangin orang tua, diiyakan saja kalau tidak mau berdebat panjang lebar. Tetapi tidak perlu dilaksanakan. Kebenaran itu mutlak datangnya dari Allah.

Istri saya pun memotong rambutnya, lha wong memang sudah gerah dan banyak yang rontok. Dia pun makan ceker ayam. Memang ceker ayam rasanya enak. Dari sisi gizi pun bagus, karena banyak kalsium dan kolagennya.

Well. Tidak terasa sekarang kehamilan Intan sudah masuk minggu ke-30. Bayi di dalam perutnya sekarang makin aktif dan perutnya makin membesar. Sekarang kami bertemu dengan bidan tidak lagi 4 minggu sekali, tetapi sudah 2 setiap minggu. Tadi sore ketemu dengan bidan dan dia bilang bahwa semua dalam kondisi yang baik. Posisi kepala bayi sedang menghadap ke bawah dan nanti di minggu ke-36, Intan akan di USG lagi untuk memastikan posisi bayi. Bidan juga memberitahu bahwa hasil tes darah kemarin (mengecek kandungan besi dan rhesus negatif) hasilnya alhamdulillah baik. Yah, semoga tetap selalu lancar 10 minggu ke depan 😀

Groningen, 9 Desember 2014, jam 19:46 CET

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s