Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Dari Rumah ke Kampus

1 Comment

Jarak dari rumah saya ke kampus Zernike itu jauh, sekitar 8 km. Dulu memilih lokasi itu dengan berbagai pertimbangan; ketersediaan, harga, ketenangan lingkungan, dan fasilitas di dekat rumah. Untuk faktor yang terakhir, ternyata tinggal di Lewenborg itu pilihan tepat. Selain winkelcentrum (pusat pertokoan), di dekat rumah juga dekat dengan dokter, apotek, dan posyandu. Selain itu, transportasi umum ke UMCG (rumah sakit) juga langsung, cukup 17 menit saja. Mengingat Kinan sering kontrol ke rumah sakit, ini cukup membantu.

Overloop. Jalan di dekat Danau Kardinge.

Overloop. Jalan di dekat Danau Kardinge.

Di Belanda, moda transportasi yang paling umum adalah menggunakan sepeda. Saya pun tiap hari bersepeda. Hari ini cuaca cukup cerah dan saya sedang tidak terburu-buru, maka sempat mengambil foto-foto perjalanan. Foto di atas masih dekat dengan rumah, kadang di hari Minggu saya dengan Kinan berjalan-jalan kesitu. Nama jalannya Overloop. Di kiri dan kanan banyak pohon berjajar.

Danau Kardinge

Danau Kardinge

Setelahnya, kita sampai ke Kardinge. Ini merupakan danau buatan yang indah. Ada dua danau disini, gambar yang saya ambil adalah sisi timur. Di kejauhan tampak pohon cemara berjajar. Di ujung jalan cemara itu ada windmol (kincir angin) tradisional. Di padang rumput kardinge, biasanya ada sapi-sapi yang sedang digembalakan.

Melewati hutan di Hunzeboord

Melewati hutan di Hunzeboord

Setelah melewati satu-satunya tanjakan di Meedenpad, kita harus melewati deretan padang rumput dan pepohonan di jalan Hunzeboord. Di sini ada beberapa kandang kuda. Saya juga tidak terlalu paham, untuk apa jaman sekarang orang punya kuda. Mungkin untuk hobi.

Gerrit-Krol brug

Gerrit-Krol brug. Jika sedang ada kapal lewat, jembatan di angkat dan pesepeda bisa lewat jalan kecil di samping jembatan.

Kemudian kita sampai di jembatan (brug) Gerrit-Krol. Sungai di bawah jembatan ini dilewati oleh kapal-kapal yang ukurannya cukup besar. Jika ada kapal lewat, maka jembatan akan memutar ke samping dalam posisi lateral. Palang jembatan ditutup, dan mobil-mobil harus menunggu 10-15 menit. Sedangkan para pesepeda bisa lewat jalan kecil di atas sungai. Kecuali sedang turun salju dan bawa belanjaan berat, saya selalu lewat jalan kecil itu kalau jembatan sedang ditutup.

Dekat Blue building.

Dekat Blue building.

Jembatan Gerrit-Krol adalah pertanda bahwa setengah rute perjalanan sudah ditempuh. Setelahnya, pemandangan yang lebih “kota” mulai tampak. Usai melewati Korreweg dan Oosterhamriklaan, kita sampai di jalan kecil seperti di foto di atas. Gedung tinggi yang tampak di sebelah kiri adalah Blue Building. Salah satu student house yang banyak ditempati mahasiswa Rijksuniversiteit Groningen (RuG).

Parkiran sepeda di gedung Nijenborgh

Parkiran sepeda di gedung Nijenborgh

Setelah itu, kita bakal lewat Red Building dan Yellow Building. Kampus Zernike sudah dekat. Tibalah kita di Nijenborgh, gedung kantor saya. Parkiran sepda masih belum terlalu ramai, karena masih jam 8:40 pagi. Orang Belanda biasanya datang ke kantor antara jam 9-10 pagi. Parkiran di foto adalah salah satu dari empat lokasi parkir yang ada di Nijenborgh. Setiap hari parkiran itu selalu penuh.

Perjalan dari rumah ke kampus saya tempuh dalam waktu kurang dari 25 menit. Dulu di awal-awal, saya bisa menghabiskan lebih dari 30 menit. Indah bukan pemandangan selama perjalanan? Asal sedang tidak hujan atau angin kencang, bersepeda sejauh itu cukup menyenangkan. Sehat dan menyegarkan mata.

Kelak saat sudah kembali ke tanah air, saya akan merindukan bersepeda melewati rute ini.

Groningen, Mei 2016

Author: Rully Cahyono

Pengajar yang terus belajar

One thought on “Dari Rumah ke Kampus

  1. mwahahaa,, rumah saya juga jauh mas. Tapi lumayan ke UMCG ga sejauh itu. Emak LEwenborg udah paling nyamannn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s