Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Tentang Penulis

The CahyonosRully Tri Cahyono, 30 tahun. Seorang abdi negara yang bekerja sebagai dosen di Program Studi Teknik IndustriInstitut Teknologi Bandung sejak awal tahun 2012.

Setelah tamat dari S-1 Teknik Industri ITB tahun 2009, lanjut S-2 di jurusan yang sama selama dua tahun. Setelah menunggu setahun lebih, di akhir tahun 2012 mulai studi doktoral di Rijksuniversiteit Groningen (RuG), jurusan systems and control (pemodelan matematis).

Saya adalah suami tercinta dari Intan Nur Hilmi dan a proud father of Kinansyah Zahid Cahyono. Mereka berdua menemani tugas belajar saya di Groningen. Karena beasiswa sudah habis, mulai bulan Nopember 2016 saya akan melanjutkan studi S-3 di Indonesia.

Minat akademis saya adalah di bidang pemodelan matematis, khususnya untuk sistem operasi pelabuhan, dan sistem logistik secara umum. Saya telah mengembangkan beberapa modul simulasi untuk dua topik tersebut. Mayoritas menggunakan Ms. Excel untuk kemudahan pemakaiannya, user interface dan mesin penghitungnya dibuat dengan macro VBA dan Matlab.

Namun, blog ini tidak dimaksudkan untuk membahas hal-hal tersebut. Detail dari karya-karya profesional saya akan dituangkan ke situs khusus yang masih dipersiapkan. Untuk sementara, segala macam korespondensi dapat ditujukan ke rully@ti.itb.ac.id. CV saya dapat diunduh melalui tautan berikut ini.

Tentang Substansi

Sejak SD saya sudah tertarik dengan sejarah dan sastra, namun malah terdampar kuliah di jurusan teknik. Supaya gelora menulis tidak pernah padam, Substansi adalah wadah untuk terus menyalurkan hobi menulis.

Pada dasarnya, saya menulis semua hal yang menarik, walaupun bisa dikerucutkan ke beberapa topik:

  • Dunia pendidikan tinggi dan penelitian di tanah air.
  • Kritik-kritik yang berkaitan dengan sosial masyarakat dan budaya.
  • Pentingnya pendidikan dasar dan menengah.

Sesuai dengan nama blognya, saya memang banyak memaparkan kritik dan masukan, karena inti (substansi) dari semuanya adalah untuk perbaikan dan kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, saya juga menulis beberapa tema yang lebih santai seperti ulasan buku, kuliner, dan cerita perjalanan.

Saat ini, selain berusaha untuk konsisten menulis, saya sedang menyelesaikan penulisan sebuah novel. Ceritanya tidak jauh beda dengan minat saya, di bidang sosial masyarakat dan budaya.

Meskipun hanya sebagai kegiatan sampingan, beberapa tulisan saya secara kebetulan telah mendapatkan rekognisi, diantaranya adalah:

Tulisan di media:

  1. Akselerasi Riset, Menristekdikti-Menteri BUMN Berkolaborasilah!“, Detikcom, 22 Mei 2015.
  2. Ihwal Dosen Pindah Antaruniversitas“, Surat Pembaca Kompas Cetak, 22 Juli 2016.

Penghargaan:

  1. Pemenang kedua Lomba Blogging Tema “Pengalaman Bersama BNI” tahun 2016.
  2. Masuk 30 besar cerpen terbaik Lomba Cerpen Forum Sastra Bumi Pertiwi tahun 2016.
  3. Pemenang favorit Lomba Blog Kompasiana dan KFC, September 2016.
  4. Juara V Lomba menulis fiksi terinspirasi dari karya sastra klasik PADIfiksi, diadakan oleh Telkom bekerjasama dengan Indo Book Club, Oktober 2016.

Semoga Anda bisa menikmati blog ini!

22 thoughts on “Tentang Penulis

  1. Salam kenal, saya juga blogger, hehe…sedang mencari info tentang Groningen dan bertemu di blog ini. Anak saya berencana melanjutkan sekolah disini dua tahun kedepan. Mungkin mas dan istri sudah akan kembali ke Indonesia ya ? Senang membaca tulisan2 disini. Sukses selalu

  2. Baik, terimakasih atas informasinya. Kalau semua lancar, rencananya anak saya akan ikut kuliah yang September 2016, semoga bisa bertemu. Salam

  3. salam kenal.. saya terkesan dengan tulisannya mengenai cerita ayahnya keluar dari zona nyaman.. Inspiratif

  4. Tinggalkan jejak. Selamat belajar di Groningen.

  5. Asswrwb.salam kenal Mas Rully, pertamanya ke google saat ketik ‘to improve’ keluar blog ini,dan terus baca artikel ini,satu demi satu,membikin penasaran, ada kata,itb,Kinan,Intan,Bandung Belanda= jadi teringat mbak Intan NurHilmi, saya P Aan,
    Waktu itu,th 13 mhon pnjelasan terkait itb untk ponkan saya bapanya kurang mampu biaya,kbtlan anknya agk cerdas,pngin masuk itb,ugm,undip namun benar kualifikasi bgitu ketat,alhamdulillah masuk Fisika Undip dengan bidikmisi.
    Dari artikel yg ada saya sangat terimaksih sekali sudah,menjadikan,masukan,saran,pandangan,pencerahan.bagi smua pembaca,semoga sehat di Belanda Mas Rully&mbak Intan,sukses selalu.
    Wassalam

    • Wa’alaikum salam wr. wb. Salam kenal Pak Aan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Iya, saya ingat dulu Intan pernah cerita soal ponakan Bapak. Alhamdulillah sekarang sudah kuliah di Fisika UNDIP. Mestinya sudah masuk semester 6 ya. Semoga lancar kuliahnya dan setelah lulus dapat pekerjaan yang baik atau bisa mencari beasiswa untuk studi lanjut.

      • Amiin, saya slalu support agar menjadi Insinyur yg unggul,mhon doa .nya amiin,
        Smoga mas Rully seklg sehat di Belanda.amiin..terimakasih.
        Salam
        Aan.

  6. Blognya keren, salam kenal

  7. salam kenal kang, saya omjay guru di smp labschool jakarta

  8. Salam kenal pak, blog yang begitu inspiring

  9. Salam kenal Pak Rully, inspiratif sekali tulisannya. Apalagi tentang “Anak Sulung yang Ideal” bahkan setelah membaca pun saya bisa merasakan mas Harry yang memang bisa dijadikan panutan (y)

  10. Ikut menyimak gan. Blog yang mantap dan menginspirasi Pak! *bagi cendol*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s